cara memasak resep makanan

Cara Memasak Resep Makanan Yang Baik

Cara Memasak resep makanan yang baik dan benar di rumah. Hai bapak/ibu yang punya hobi memasak. Pastinya kalau punya hobi memasak, anda sudah pada pinter masak, kan? Atau rasa masakan anda malah enggak karuan? Wah gawat tuh urusannya. Tapi tidak masalah, kini anda tak perlu takut lagi karena disini kami akan memberikan rahasia tentang cara memasak yang baik dan benar di rumah. Tips ini sangat bagus untuk para ibu yang suka memasak makanan di dapur, tapi bukan berarti para pria tidak boleh mencobanya. Nah, bagamana sih cara memasak yang baik dan benar di rumah?

Cara memasak resep makanan yang baik dan benar itu haruslah tepat agar nilai gizi maupun nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut yang baik untuk tubuh tidak hilang. Mungkin banyak hal berikut yang dapat menambah wawasan anda tentang cara memasak agar semua bahan kandungan seperti nutrisi dan gizi tidaklah lenyap. Dengan demikian, maka anda akan membuat makanan yang nantinya berpengaruh baik pada kesehatan keluarga maupun orang orang tercinta anda. Silahkan disimak beberapa kebiasaan kita yang perlu dihindari ketika memasak agar menjaga nutrisi makanan kita. Apa saja sih? Yuk disimak.

1. Anda memanaskan minyak terlalu lama hingga berasap.
Nah, hal ini perlu anda hindari karena memanaskan minyak melampaui titik tertentu dapat merusak kualitas minyak anda, serta dapat mengakibatkan terbentuknya zat berbahaya yang terkandung di dalamnya.
2. Terlalu sering mengaduk masakan yang anda masak.
Mungkin ketika anda membaca resep resep yang ada di internet, anda akan dipandu agar terus mengaduk makanan yang anda kelola. Tapi mengaduk terlalu sering pun dapat mengakibatkan rasa bahan makanan yang ada. Mengaduk terlalu banyak juga dapat membuat bentuk dan tekstur makanan anda menjadi rusak dan berantakan. Alhasil hidangan yang anda hidangkan menjadi lembek.
3. Tidak mendiamkan daging yang anda masak.
Daging salah satu contohnya. Ketika anda memasak daging, anda perlu mendiamkannya setelah dimasak agar cairan alami di dalamnya dapat terdistribusi secara merata keseluruh bagian daging. Jika anda memotong daging yang baru dimasak terlalu dini, maka cairan alaminya akan keluar dan tumpah di papan pemotongan anda. Hal tersebut mengakibatkan air alami di dalam daging tersebut menjadi tidak meresap ke dalam bagian daging. Oleh karenanya, daging menjadi kurang empuk.
4. Memasak dengan kuali yang terlalu penuh.
Memasak dengan kuali atau panci yang terlalu penuh, apalagi banyak tamu yang datang, memang menghemat waktu anda. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya cara memasak seperti ini dapat menurunkan temperatur masakan anda. Masakan yang berada di dalam proses tersebut menjadi lebih lama matang, serta menjadikan hasil masakan yang lembek.
5. Gunakan wajan anti lengket.
Ketika bapak/ibu menggunakan wajan anti lengket atau yang biasanya disebut (non-stick pans) untuk memasak pada temperatur tinggi, hal itu dapat menyebabkan wajan anti lengket tersebut mengeluarkan hal yang disebut dengan PFC atau (perfluocarbon) yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan tentunya. Cek terlebih dahulu batas temperatur wajan sebelum anda menggunakannya melewati suhu tertentu.
6. Membilas daging sebelum dimasak.
Membilas daging sebelum dimasak memang menjadi kebiasaan para ibu ibu. Hal tersebut memang bagus dilakukan lantaran untuk membersihkan bakteri bakteri yang ada pada daging, terbilas hilang. Namun alangkah baiknya jika anda menggunakan handuk bersih untuk membersihkannya dibandingkan mencuci dan membilasnya di wastafel. Wastafel anda tentunya akan banyak bakteri tak terlihat.
7. Memasukkan cairan panas ke dalam blender.
Nah ini nih. Hal yang ini dapat mengakibatkan tekanan tinggi jika ditempatkan di ruang tertutup seperti pada blender. Jadi jika anda harus memblender cairan panas tersebut, bukalah bagian tutup atas pada blender tersebut sebelum mengoperasikannya.

Yah, dengan sedikit informasi mengenai cara memasak resep makanan yang baik dan benar di rumah tersebut, tentunya anda dapat mengevaluasi sedikit teknik memasak anda sehingga masakan anda menjadi lebih berkualitas baik dari segi gizi maupun rasanya. Terima kasih, sampai jumpa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *