Manfaat Buah Mangga Lalijiwa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Mangga Lalijiwa Bagi Kesehatan Tubuh – Indonesia mempunyai banyak jenis mangga. Malahan tidak sedikit salah satunya yang disebut tumbuhan endemik Indonesia. Satu diantaranya yaitu mangga lalijiwa Si Manis Endemik Jawa. Lalijiwa atau lalijiwo, adalah satu diantara spesies mangga endemik Jawa.

Manfaat Buah Mangga Lalijiwa

Nama latin tumbuhan itu yaitu Mangifera lalijiwa. Dalam bahas Inggris mangga lalijiwa disebut sebagai laleejewo. Nama lalijiwa sendiri berasal dari ujar lal yang memiliki makna lupa serta jiwo atau jiwa. Konon rasa manis serta lezatnya akan menjadikan siapa saja yang mengkonsumsinya bakal lupa diri. Mangga lalijiwa semestinya memperoleh perhatian lebih karena kondisinya yang telah sangatlah tidak sering ditemukan di Indonesia.

Pohon mangga lalijiwa seperti pohon mangga biasanya. Tinggi pohon sekitar 8 mtr. dengan tajuk pohon mencapai diameter 9 mtr. Daun berwarna hijau tua berupa lonjong dengan ujung serta pangkal daun meruncing. Panjang daun sekitar 20 cm. Bunga berbentuk malai sepanjang 24 cm serta berwarna kekuningan.

Buah mangga berupa bulat agak lonjong. Panjang buah sekitar 7 cm dengan berat 200 gr. Warna kulit buah ketika masak hijau tua dengan bintik-bintik kelenjar putih kehijauan yang jadi kehitaman ketika tua. Daging buah berwana kuning tua jika masak. Air buah tidak terlampau banyak. Aroma buah tidak terlampau harum. Tetapi rasa buahnya malah sangatlah manis. Malahan ketika masih muda sekalipun, rasa daging buah tidak terlampau masam.

Daging buahnya berwana kuning tua saat masak dengan bau yang tidak terlampau harum serta kandungan air yang tidak terlampau banyak. Buah mangga, tidak kecuali mangga lalijiwa, adalah sumber antioksidan hingga dapat menghindar kanker.

Antioksidan sebagaimana quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat serta methylgallat didalam mangga bakal membatasi oksidasi yang bakal mengakibatkan kerusakan beberapa sel pada badan. Malahan Vitamin-A serta flavonoid sebagaimana beta-karoten, alfa-karoten, serta beta-cryptoxanthin dalam mangga dapat juga menghindar kanker paru-paru serta mulut.

Antioksidan juga memiliki peran utama dalam perlindungan pada radikal bebas beresiko serta menghimpit sistem oksidasi. Mangga adalah sumber yang kaya serat serta memiliki kandungan pektin yang membatasi tindakan dari protein yang dimaksud Galectin 9, yang di kenal untuk menyebabkan perkembangan sel kanker,

Hal semacam ini dapat menolong turunkan kemungkinan munculnya kanker usus besar. Malahan mangga juga memiliki lupeol yang bisa bekerja melawan kanker prostat. Jadi, buah mangga, tidak kecuali mangga lalijiwa, sangatlah baik dikonsumsi hingga sangatlah disarankan untuk dibudidayakan.

Demikianlah  manfaat buah mangga lalijiwa bagi kesehatan tubuh. Semoga infonya bisa bermanfaat dan berguna bagi anda yang membacanya.