Mengenal Lebih Dekat Toyota Hiace

Tidak hanya memproduksi mobil pribadi, Toyota juga memiliki produk yang biasa digunakan sebagai kendaraan umum atau komersial. Salah satu produk yang dimaksud adalah Toyota Hiace, mobil yang telah diproduksi sejak tahun 1967 ini telah menjadi andalan Toyota dalam segmen Light Commercial atau biasa disebut Micro Bus.

Hiace merupakan pengembangan dari berbagai model yang sebelumnya telah ada diantaranya: Toyota Tosco dan Toyota Commuter. Di negara asalnya(Jepang), Haice menjadi lawan tangguh dari Nissan Homy. Dengan mengandalkan wheel base yang lebih panjang yakni 1575/1.570 mm, kendaran ini cocok untuk digunakan sebagai armada travel wisata, suttle bus atau sarana antar jemput.

Toyota Hiace dibekali mesin berkode D-4D diesel 3500 CC dengan torsi  300 NM/4700 rpm. Mesin tersebut dirasa cukup bertenaga sekalipun harus membawa banyak penumpang. Dengan panjang keseluruhan mobil yang mencapai 5.580mm pastinya semua penumpang dapat merasakan kenyamanan pada saat berkendara bersama Hiace.

Dengan kapasitasnya sebagai kendaraan penumpang, pastinya kenyaman adalah prioritas dari pembuatan mobil yang juga memiliki slogan “Luxurious Comfort“ ini. Toyota menggunakan material berkualitas dan ditunjang dengan kaki-kaki yang kuat. Untuk bagian depan, Toyota membenamkan suspensi Double Wisbone dan pada bagian belakang menggunakan Leaf Spring Riqid Axle. Kedua sistem peredam kejut tersebut dipadukan dengan ban berukuran 265 / 65 R17. Tidak lupa penggunaan rem cakram dibagian depan dan tromol dibelakang yang menunjang keselamatan para penumpangnya.

Harga yang ditawarkan Toyota untuk micro bus andalannya mulai dari 365 juta hingga 1 miliyar rupiah. Dengan harga yang cukup tinggi, pastinya Toyota telah membenamkan berbagai fitur yang dapat memanjakan para penumpangnya. Fitur-fitur tersebut diantaraya: DVD Player, LED Lamp Cabin, hingga Sunroof jika Anda membeli tipe tertingginya.

Dengan berbagai fitur tersebut, wajar jika Hiace banyak digunakan oleh beberapa perusahaan Suttle bus. Bahkan beberapa instansi pemerintah seperti PASPAMPRES juga menggunakan Hiace sebagai kendaraan operasional. Ini membuktikan bahwa kualitas dari Hiace tidak bisa dipandang sebelah mata.