Kesalahan Terbesar Yang Dilakukan Orang-orang Awam Saat Menyantap Sushi

Kesalahan Terbesar Yang Dilakukan Orang-orang Awam Saat Menyantap Sushi

Sushi kini menjadi menu Jepang yang banyak disukai masyarakat di seluruh Indonesia. Menu yang biasa ditata cantik berbahan dasar nasi, rumput laut, dan ikan segar ini, kini banyak dijajakan di sejumlah kafe dan juga restoran.

Kesalahan Terbesar Yang Dilakukan Orang-orang Awam Saat Menyantap Sushi
Kesalahan Terbesar Yang Dilakukan Orang-orang Awam Saat Menyantap Sushi (Sumber: pixabay.com)

Namun, tahukah Anda, mengonsumsi sushi ada aturannya? Bagi Anda yang ingin menikmati sushi di restoran atau kafe khas Jepang, sebaiknya Anda tahu, aturan-aturan wajib dalam mengonsumsi sushi. Seperti dilansir laman Independent.

Kesalahan terbesar yang dilakukan orang-orang awam saat bersantap sushi adalah mencampur acar jahe di atas sushi, lalu membasahinya dengan kecap. Menurut Koki Sushi asal Tokyo, Naomichi Yasuda, menempatkan jahe pada ikan juga seringkali dilakukan, namun, cara ini adalah cara yang salah, bahkan bertentangan dengan etiket orang Jepang.

Dalam video Munchies, Yasuda juga membeberkan kesalahan umum lainnya, seperti mencelupkan ikan ke dalam kecap, dan menggoyangkannya. Dan berikut kesalahan lain yang harus dihindari saat menikmati sushi.

Maki

Secara tradisional, gulungan maki yang terbungkus rumput laut, ditancapkan dengan lembut dalam kecap dengan tangan dan masuk ke keseluruhan mulut. Sepotong jahe kemudian dimakan untuk membersihkan palet.

Nigiri Sushi

Yang mana ketika satu blok nasi menjadi alas untuk topping – dicengkeram dengan sumpit dan diputar miring sehingga ikan bisa dicelupkan ke dalam kecap.

Wasabi

Menghancurkan rasa ikan yang lembut dengan menutupi sushi di wasabi adalah kesalahan besar lainnya, ungkap Sterling Ridings, koki sushi bar Uchiko baru-baru ini. Memasukan hidangan dengan terlalu banyak kecap dan membereskan sumpit dalam waktu yang sama, merupakan satu hal yang juga dipandang sebagai penghinaan terhadap koki.

Wah, menarik sekali ya? ternyata untuk makan sushi saja ada aturan-aturan yang kita orang awam tidak mengetahuinya. Hehee padahal kalau mau makan sushi ya pakai tangan (gak pakai sumpit) kalau di Indonesia.

Tentu saja, karena ini adalah makanan tradisional Jepang yang memang memiliki nilai budaya.
Jadi, wajar mereka memiliki ciri khas tentang cara makan yang pastinya berbeda dengan negara-negara lainnya di dunia.