Mencicipi Lezatnya Soto Rujak Khas Sumenep, Sobat Wajib Coba Nih!

Setiap daerah di Indonesia memiliki penganan khas tersendiri. Kalau pun ada yang sama di beberapa daerah, dipastikan masing-masing ada ciri khasnya sebagai pembeda. Semisal kudapan bernama soto.

Mencicipi Lezatnya Soto Rujak Khas Sumenep, Sobat Wajib Coba Nih!
Mencicipi Lezatnya Soto Rujak Khas Sumenep, Sobat Wajib Coba Nih! (Sumber: viva.co.id)

Ngomong-ngomong soal soto, tidak sedikit orang langsung melirik Kabupaten Lamongan. Karena itu berjuluk Kota Soto, ya, Lamongan memang dikenal dengan sotonya, Soto Lamongan khas dengan koyanya. Soal bahannya nyaris sama dengan soto-soto di daerah lain.

Namun soto tidak hanya ada di Lamongan. Ada juga soto Madura yang berbeda bahan, bumbu, dan penampilannya. Soto Madura tanpa koya dengan daging sapi yang mencolok. Sebab itu aroma kuah sapinya kuat sekali.

Ada juga soto di Madura yang jauh berbeda dari sisi rasa dan penampilan dari umumnya soto Madura yang dikenal di sejumlah kota. Soto Madura yang 1 ini berkuah mirip kuahnya bakso.

Sebagai penyedap, dicampurlah irisan ayam, kecambah, dan kentang goreng. Ada bihun putihnya juga. Sebagai pengenyang, lontong atau ketupat dibenamkan di kuah soto Madura yang 1 ini. Bukan nasi seperti Soto Lamongan.

Soto Madura berkuah mirip bakso ini terkadang juga dilumuri sambal kacang khas Madura. Bahan sambalnya ialah kacang tanah goreng, cabai, petis Madura, cuka, tidak banyak air putih, garam, dan penyedap rasa. Soto seperti ini biasa disebut Soto Campur.

Soto macam begini mungkin bisa juga disebut Soto Rujak. Karena, sambal kacang yang dicampurkan ke soto adalah sambal Rujak Madura. Bagi yang bahagia ceker ayam, ceker ayam untuk Soto Rujak disiapkan biasanya penjual juga. Menggerogoti ceker ayam terasa lebih nikmat dan berkeringat saat menyantap Soto Rujak.

Di Sumenep, hampir semua desa bisa ditemukan warung soto berkuah bakso atau Soto Rujak. Biasanya di pinggir-pinggir jalan kampung atau di mulut jalan setapak menuju persawahan. “Pakai ceker, Mas,” kata Atnawiyah, penjual Soto Rujak, kepada VIVA.co.id, di warungnya di Kecamatan Gapura, Sumenep, Madura.